Kandungan dan Manfaat Buah Blewah


Untuk Memelihara Kesehatan Jantung dan Paru-Paru
 
Kandungan dan Manfaat Buah Blewah

Khasiat, Kandungan dan Manfaat Buah Blewah – Blewah umumnya berbentuk bulat lonjong, dengan kulit berwarna jingga terang dengan bercak kehijauan. Di balik kulit buah yang tipis, terdapat daging buah yang relatif lembut dan bertekstur.
Buah Blewah dapat dengan mudah ditemukan di pasar tradisional, sementara blewah yang sudah diolah sebagai campuran minuman es, bisa ditemukan di berbagai tempat keramaian, seperti pasar, sekolah, warung, dan sebagainya.
Di saat bulan puasa Ramadhan, penjualan blewah dan timun suri relatif meningkat karena telah menjadi semacam tradisi di Indonesia untuk menyediakan minuman buah segar di saat berbuka puasa, yang salah satu bahan utamanya adalah blewah.
Kandungan Buah Blewah
Kandungan nutrisi yang dimiliki blewah sangat bervariasi. Semangkuk blewah mengandung, antara lain, 3,1 mg beta-karoten; 68 mg vitamin C; 1,3 mg serat; 13 mg karbohidrat, 494 mg potasium; dan 14 mg sodium. Di samping itu, unsur kalsium, fosfor, zat besi, niasin, protein, lemak tak jenuh ganda juga dapat diperoleh dari blewah.
Sementara itu, menurut The Journal of Food Science kandungan dalam 100 gr blewah rata-rata berisi 12,69 mg magnesium; 0,03 mg mangan; 0,05 mg tembaga; 0,10 mg seng; 0,003 mg kobalt; dan 0,005 mg krom.
Mengingat kadar beta-karoten yang cukup tinggi, buah blewah baik dikonsumsi karena dapat menangkal radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab penyakit jantung dan kanker.
Dalam panduan RDA (Recommended Dietary Allowance), terdapat anjuran agar kita mengonsumsi beta-karoten sekitar 5-6 mg per hari untuk memelihara kesehatan jantung. Merujuk saran itu, kiranya kita tak butuh langkah rumit untuk mendapatkan asupan beta-karoten. Kita cukup mengonsumsi blewah secara rutin dan jantung pun akan tetap sehat terawat.
Khasiat dan Manfaat Buah Blewah
Beberapa manfaat buah blewah untuk kesehatan tubuh kita, antara lain :
  • Kandungan potassium dalam buah blewah dapat menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi pembentukan plak di arteri, serta sebagai pencahar alami.
  • Vitamin A yang terkandung didalamnya dapat menjaga kesehatan mata dan tulang serta baik dikonsumsi bagi perokok aktif maupun pasif.
  • Kalium yang terdapat di dalam blewah mampu mengendalikan tekanan darah, cocok bagi penderita hipertensi.
  • Blewah juga memiliki indeks glikemik yang rendah (GI), Fruktosa dan glukosa yang terkandung dalam buah blewah merupakan gula sederhana yang alami sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes, obesitas. Selain itu juga dapat mencegah asam urat.
  • Blewah merupakan sumber vitamin A dan betakaroten yang sangat baik. Kandungan betakarotennya merupakan jenis antioksidan yang dapat berperan penting dalam mengurangi konsentrasi radikal peroksil atau radikal bebas yang dapat mencegah penuaan dini ataupun mencegah kanker.
  • Blewah juga dapat memelihara kesehatan jantung, paru-paru, ataupun pembuluh darah.
  • Dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan fungsi ginjal dan limpa, dan menurunkan tekanan darah karena kaya kandungan mineral kalium dan provitamin A serta serat makanan.
 

Tanaman Obat Copyright © 2011 -- Template created by Acakadut -- Powered by Firman Wahyudi