Kandungan Dan Manfaat Buah Kiwi


Untuk Menjaga Kesehatan Mata dan Mencegah Katarak
 
 Manfaat Buah Kiwi

Khasiat, Kandungan dan Manfaat Buah Kiwi – Buah kiwi merupakan sejenis buah beri yang pada umumnya memiliki bentuk oval. Ukurannya kurang lebih sebesar telor ayam, mempunyai kulit yang berwarna hijau kecoklatan sedangkan daging buahnya memiliki warna hijau terang (keemasan) dan terdapat biji kecil-kecil yang berwarna hitam. Buah ini mempunyai tekstur yang sangat halus dan rasanyapun unik. Buah kiwi yang kaya akan serat ini sekarang sudah mulai ditanam di banyak negara.
Buah kiwi memiliki kandungan enzim yang disebut dengan actinidin (enzim protease) yang mempunyai kemampuan menghancurkan protein sehingga tubuh menjadi mudah untuk menyerapnya.
Kandungan Buah Kiwi
Menurut The University of Maryland Medical Center, buah yang kaya vitamin E bisa mengurangi kerutan pada kulit. Dalam penelitian terhadap hewan, vitamin E bisa mengurangi efek buruk sinar matahari dari dalam secara alami.
Dalam 100 gram buah kiwi terdapat 1,5 mg vitamin E, dan 92.7 mg vitamin C di dalamnya. Vitamin C diperlukan untuk memproduksi kolagen yang bisa menjaga kekencangan kulit. Kekurangan kolagen bisa membuat kulit kehilangan elastisitas dan membuatnya tampak kusam.
Tak hanya mengencangkan kulit, vitamin C juga membantu memperbaiki kulit. Kandungan vitamin C dalam kiwi rupanya lebih banyak dibandingkan buah jeruk. Vitamin C dalam kiwi membantu cegah kulit kering.
Khasiat dan Manfaat Buah Kiwi
Buah kiwi berguna untuk membantu proses pencernaan karena mengandung serat yang lebih tinggi dari apel, jeruk, dan pisang. Kandungan serat dari buah kiwi dibagi menjadi 2 jenis yaitu serat tidak larut dan serat larut. Serat tidak larut berguna untuk menjaga kesehatan usus dengan memberikan makan kepada bakteri baik dan mecegah konstipasi. Menurut Fiasttuti fungsi dari usus tidak hanya sebagai pencernaan saja tetapi juga memiliki fungsi lainnya yaitu untuk menjaga daya tahan tubuh, mencegah racun masuk, serta menjaga dan mencegah bakteri jahat masuk kedalam tubuh.
Beberapa manfaat buah kiwi untuk kesehatan lainnya :
  • Dapat menjaga kesehatan kulit kita karena buah kiwi mempunyai kandungan vitamin E.
  • Kesehatan kardio vascular dapat meningkat karena buah kiwi mempunyai kemampuan untuk mencegah akumulasi deposito plak di dinding arteri.
  • Kita tercegah dari penyakit sesak nafas, asma, dan mencegah batuk pada anak.
  • Kandungan senyawa lutein pada buah kiwi berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah katarak.
  • Sumber antioksidan berkualitas yang bisa melawan kanker karena buah kiwi mengandung nutrisi nabati, karotenoid, dan flavonoid.
 

Tanaman Obat Copyright © 2011 -- Template created by Acakadut -- Powered by Firman Wahyudi