Khasiat dan Manfaat Buah Salak


Sebagai Obat Diare / Mencret 
Khasiat dan Manfaat Buah Salak

Kandungan, Khasiat dan Manfaat Buah Salak – Dalam bahasa Inggris salak disebut snake fruit, sementara nama ilmiahnya adalah Salacca zalacca. Buah ini disebut snake fruit karena kulitnya mirip dengan sisik ular.
Salak termasuk palma berbentuk perdu atau hampir tidak berbatang, berduri banyak, melata dan beranak banyak, tumbuh menjadi rumpun yang rapat dan kuat. Batang menjalar di bawah atau di atas tanah, membentuk rimpang, sering bercabang, diameter 10-15 cm.
Buah salak dianggap sebagai penyebab konstipasi pada sebagian besar masyarakat Indonesia karena hampir semua masyarakat Indonesia mengeluh susah buang air besar setelah memakan buah tersebut.
Walaupun begitu, sebenarnya manfaat buah salak sangatlah banyak untuk kesehatan tubuh kita. Kandungan gizi buah salak memiliki manfaat yang baik bagi tubuh dan sistem pencernaan pada kasus tertentu.
Kandungan Buah Salak
Kandungan gizi dari buah salak adalah adanya kalori, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B, dan air. Kebutuhan gizi yang banyak dibutuhkan oleh tubuh tersebut juga bisa mengurangi pegal-pegal pada tubuh setelah seharian beraktivitas.
Di dalam satu buah salak terdapat kalsium 28 mg, fosfor 18 mg, dan zat besi 4,2 mcg. Dari kandungan-kandungan yang ada, maka salak sangat berperan sebagai sumber penyedia serat dan mineral di dalam tubuh. Karena itu, tak salah bila mengonsumsi buah salak bisa membantu program diet.
Khasiat dan Manfaat Buah Salak
Berikut adalah beberapa manfaat buah salak yang berguna bagi tubuh kita, yaitu :
1. Manfaat Buah Salak Sebagai Obat Mata
Buah salak ternyata mengandung betakaroten,yang sangat baik untuk memelihara kesehatan mata.Penelitian terakhir menyebutkan bahwa kandungan betakaroten dalam 100 gram salak kurang lebih 5,5 kali lebih banyak dibanding buah mangga, 3 kali lebih banyak dibandingkan jambu biji dan 5 kali dari semangka merah
2. Manfaat Buah Salak Sebagai Obat Diare/Mencret
Ketika Anda terserang diare, jangan buru-buru mengkonsumsi obat-obatan buatan pabrik. Tidak ada salahnya untuk mencoba obat yang alami terlebih dahulu. Dengan mengkonsumsi sebanyak kurang lebih 20 gram daging buah salak segar yang masih muda dapat mengurangi penyakit diare. Selain alami, buah ini juga mudah kita jumpai,misalnya di toko buah,pasar buah,atau langsung pada kebunnya.
3. Manfaat Buah Salak Dapat Sebagai Cemilan Sehat
Salak sering dijadikan sebagai buah yang biasa dihidangkan di meja. Rasanya ada yang manis, asam, sepat, atau campuran ketiganya. Selain rasanya yang enak dan segar ketika dimakan, buah ini juga memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan.
4. Manfaat Buah Salak Untuk Membantu Program Diet
Kandungan zat gizi dan fitonutrien yang ada di dalam buah salak memang berpotensi membantu program diet.  Di dalam buah salak terdapat vitamin C sebanyak 2 mg, tanin dan serat. Kita mengetahui bahwa serat dapat memberikan rasa penuh atau kenyang lebih lama karena memerlukan waktu untuk diserap oleh usus.
 

Tanaman Obat Copyright © 2011 -- Template created by Acakadut -- Powered by Firman Wahyudi